Saturday, January 21, 2012

Buttermilk Fluffy Pancake

Long weekend pertama di tahun 2012 ini gw ga kemana-mana, di Cepu ajah
Tapi gw berniat untuk menjadi produktif, in any ways,,, hehehe,,,
Sounds ambitious,,,

Jadi di hari Sabtu yang cerah ceria tadi, gw cobain resep pancake
Udah lama pengen bisa bikin pancake, gara-gara gw terobsesi ama Pancious Pancake
Asal bisa bikin pancakenya, tinggal ceplokin es krim di atasnya deh,,,

Resep ini awalnya resepnya jeng Martha Stewart yang dimodifikasi ama Mba Hesti
(PS : temen gw ada looh yang ga tau siapa itu Martha Stewart,,, *tepok jidat*)
And yes, it was fluffy and yummy,,,, ;)

Bikinnya juga ga susah kok, ga pake mixer, cuma whisk dan ga lama.
Nah sepanjang bikin gw khawatir adonannya ga ngembang.
Soalnya di blognya, Mba Hesti wanti-wanti ga boleh terlalu lama ngaduknya, asal rata aja
Jadi gw usahain aduknya beneran cuma sampai rata aja.

Seperti halnya Mba Hesti, buttermilknya gw bikin sendiri dan cuma 1/2 resep.
Resep berikut adalah 1/2 resep yah, cukup buat 3 orang (kalo masing-masing makannya 2 pancake yah)

BAHAN :
1 cup tepung terigu protein sedang
1 sdt baking powder
1/2 sdt baking soda / soda kue
1/4 sdt garam halus
1 1/2 sdm gula pasir
1 butir telur ukuran besar, kocok lepas
150 ml buttermilk 
(susu cair diberi perasan 2 sdm air jeruk nipis, diamkan 10 menit, karena gw punyanya jeruk lemon akhirnya gw ganti jeruk nipis dengan jeruk lemon)
2 sdm unsalted butter or any butter, lelehkan

CARA MEMBUAT :
1. Aduk rata semua bahan kering, lalu masukkan telur, susu cair, butter leleh, aduk dengan whisk asal rata, JANGAN terlalu lama
2. Panaskan wajan anti lengket dengan api sedang. Tuang 1 sendok sayur adonan (gw 2 sendok sayur untuk setiap pancake, abis sendok sayurnya kecil siiiy, hehehe,,,,). Biarkan berlubang-lubang dan pinggiran agak kering, sekitar 2 1/2 menit. Kalau terlalu lama bisa gosong booow,,,,
3. Balik adonan. Apabila sudah kuning kecoklatan angkat, sekitar 1 menit. 
4. Sajikan hangat dengan butter or madu or es krim or sirup cokelat. 



Enaaak looooh,,,, Emang okeh yah Martha Stewart dan Mba Hesti ini,,, resep-resepnya reliable,,,
Seengga-engganya kalo gw ngidam Pancious Pancake di Cepu, bisa bikin ndiri deh,,,



2 comments:

dita said...

kakaaaa, thanks ya resepnya. Maul lgsg coba nih. Btw ilu buttermilknya ga pake coklat kah? Soalnya yg di fotonya kaka kan toppingnya kyk sirup coklat gitu

kaka said...

enggaaaa,,, buttermilk cuma susu cair dikasih perasan air jeruk lemon. toppingnya emang sirup cokelat, bisa diganti madu, buuter, sirup caramel, es krim, anything,,,