Monday, March 29, 2010

In case of emergency,,,

Dalam setiap safety briefing, selalu muncul kalimat " In case of emergency, please do not panic". Karena sistem dan tim evakuasi sudah disiapkan, latihan dan simulasi sudah dilakukan, sehingga seharusnya penanggulangan keadaan darurat dapat berjalan lancar.

Tapi pada kenyataannya, saat keadaan darurat terjadi, apakah kita benar-benar sudah siap? Apakah kita benar-benar sudah terlatih dan dapat melakukan penanggulangan sesuai prosedur? Are we on the top of the game to handle the situation?

Well,,,emergency situation is unpredictable. It can happen at anytime. Everyone should be ready. Tidak panik, berpikir tenang tapi cepat mencari solusinya, sesuai kapasitas dan profesionalisme masing-masing. Menurut gw, bos gw cukup hebat dalam mengatasi keadaan darurat. Dia tahu apa yg hrs dilakukan terlebih dahulu. Dia tahu apa yang harus disiapkan. Dia bisa mengatur anak buahnya, membagi tugas, mendelegasikan tugas, dan memantau pelaksanaannya. Dia percaya pada timnya, tapi tetap mengontrol pelaksanaannya. Dan yang penting dia tenang, tidak panik, sehingga anak buahnya juga tenang dalam menjalankan tugas. I think he's a true leader. Ada bos fungsi lain yang paniknya luar biasa. Anak buahnya menjadi panik juga, tidak tenang bekerja, tidak boleh pulang selama status masih siaga 1. Wah, ga kebayang capenya bapak itu,,,

Berada dalam situasi seperti ini, kita juga bisa lihat kualitas setiap orang. Siapa yang benar-benar bekerja, siapa yang kreatif, siapa yang cekatan, siapa yang sok kerja, siapa yang bossy, siapa yang malas, siapa yang omdo, dll. Setiap orang menunjukkan sifat aslinya.

Anyways,,,,those are great men at field, trying to handle this emergency situation effectively and safely. I'm proud being in the same team with them. My role is not significant. Only supporting and back them up. I'm not being at field everyday, only when needed. But deep inside, I wanna be there with them, fighting the wild gas. Hmmff,,,hopefully this situation is over soon and things are back to normal. Amiiiin,,,

2 comments:

unita said...

in case of emergency, masih ada yang rajin update blog... ^^
keep writing, mbak...tiap buka pasti ada yang baru...

Unknown said...

Hehehe,,,iya mba,,,lagi banyak uneg2 buat nyampah
Jadi deh bln maret ini blogku ramai, wkwkwkwk,,,