Sunday, February 12, 2012

TOEFL IBT

Sebenarnya memperbaharui skor TOEFL adalah resolusi 2011, tapi baru sempat dikerjain 2012 ini.
Terinspirasi ama si mpok Ijah yang mo S2 di luar negeri dan harus tes TOEFL, gw jadi semangat juga.
Yaaa mana tau ada rejeki dapet beasiswa or kesempatan lain yang perlu skor TOEFL, gw udah punya.
Aamiin ya robbal alamin,,

Terakhir kali gw test TOEFL di tahun 2003, demi kelulusan jadi tukang insinyur di ITS.
Waktu itu skornya 600, tapi testnya paper based dan versi UPT ITS.
Jadi maksudnya, bukan test TOEFL yang diakui secara internasional gituuuu,,,,
Walau alhamdulillah skor itu membantu gw dapet kerja di bank dan perusahaan tercinta ini.

Untuk tes TOEFL kali ini, pakai yang computer based atau TOEFL IBT.
Daftarnya online di ets.org, bayar pakai kartu kredit, dan bisa pilih tempat test yang terdekat.
Biayanya mahal bow, USD 175,,,, belum lagi karena kebodohan gw pilih tanggal,
gw harus reschedule and it costs me another USD 60, huahuahuaaaaa,,,,,

Daftar udah, sekarang belajar. Haruskah saya belajar lagi?
Well, yessss of cooourseeee,,,,
Karena tipe test yang berbeda, dan tentu saja karena sudah lama gw ga blajar English lagi
Yaaa gw berusaha memaintain English gw dengan baca novel in English, nonton pilem dengan English subtitles atau tanpa subtitles.
Tapi tetep aja harus belajar lagi.
Gw pinjem buku latihannya mpok Ijah, lengkap dengan CD-nya.
Karena kemalasan dan lain hal, gw baru sempet belajar 3 hari sebelum test, ehehehe,,
Kebiasan SKS deeeh,,,,

Dan kemarin, tibalah hari H, hari test TOEFL IBT di Alfalink Surabaya.
Naik Cepu Ekspress pagi-pagi, mpot2an sepanjang jalan takut keretanya terlambat
Alhamdulillah engga telat,,, :)
Testnya terbagi dalam 4 section, Reading, Listening, Speaking dan Writing.
Waktunya,,, 4 jam aja gituuuuh,,, -.-"
Gw ngerasa keteteran ngerjain soal-soalnya, ga pede ama hasilnya, heuuuu,,,
Tapi percaya ga sih, untuk Writing gw lumayan lancar ngerjainnya.
Nampaknya karena terbiasa nyampah di blog iniiiiih,,,,,
Jadi lumayan lancar menyampaikan ide lewat tulisan.
Ohohohoho who would have guessed? ;)

Anyhow, hasilnya akan ada dalam 2 minggu mendatang,,,
Gw akan pakai hasil itu sebagai baseline.
Target gw sih dapet 600 lagi kaya dulu.
Jadi berapapun hasilnya kemarin, gw akan belajar lagi
Dan akan test lagi, sampai dapat 600.
Semangkaaaa,,,, !!

5 comments:

putu aris said...

saya bulan lalu juga ikut tes TOEFL mbak, tapi berhubung waktu dan jarak,saya ikut yg tes toefl di LIA Jambi aja. biayanya "cuma" Rp. 450.000,- sekarang tinggal menunggu sertigikatnya..semoga bisa "laku" utk dijual :-)..

kaka said...

ehehe iya riiis,,, tergantung keperluan aja siy,,,
jadi, mo dijual kemana tuh sertipikat toeflmu? #eh #kode

Anonymous said...

jadi hasilnya keluar berapa tuh kaka? :)

kaka said...

kalo tes yang ini keluarnya 92, setara dengan 580 -583. tes kedua baru dapet skor 100, atau setara dengan 600

Unknown said...

wah, hasil test mu horor, hebat amat tembus segitu,....salut,...