Sunday, July 10, 2011

molten chocolate cake

resep ini gw dapet dari sini ,,, tentu saja seperti sebelum-sebelumnya, motivasi gw bikin kue ini adalah karena gw pengen molten chocolate cake dan di cepu kaga adeeeeee,,,, udah nyoba bikin 3 kali, dan moral of this recipe is,,,, make sure you understand the performance of your oven,,, karena yang penting dalam pembuatan kue ini adalah waktu dan suhu oven. lapisan luar kuenya harus matang dan kokoh, tapi bagian dalamnya masih lumer jadi saat diiris, akan meleleh-leleh lapisan coklatnya. yummy,,,, kalo waktu panggangnya kelamaan jadi kue cokelat biasa, kaya brownies. waktu family gathering kemarin bikin 1 resep yang dimatangkan semua, rasanya enak juga,,,, leo bisa abis 2 dalam sekali makan. seneng deh kuenya laris maniiiiis,,,, :)

resep berikut untuk 1/2 resep yaaa,,, biasanya bisa jadi 8-9 kue, tergantung cetakan yang dipakai,,,
btw, resep aslinya nih dari abang Gordon Ramsey loooooooh,,,, dimodifikasi oleh mba Hesti,,,
gw copas dari blognya mba Hesti niy :

Bahan :
- 100 gr good quality of dark chocolate, potong-potong kecil
- 50 gr butter
- 50 gr margarin
- 100 gr gula halus
- 2 telur utuh + 2 kuning telur
- 85 gr terigu protein sedang
- 15 gr coklat bubuk (ayak bersama tepung)
- 1/4 sdt garam
- margarin/butter untuk mengoles cetakan
- coklat bubuk untuk dusting cetakan

Cara membuat :
  1. Olesi cetakan dengan margarin/butter. Simpan cetakan dalam kulkas sampai membeku. Ulangi lagi mengoles margarin di atas lapisan pertama. Beri coklat bubuk sampai seluruh bagian terkena. Buang sisa coklatnya sambil digoyang-goyangkan.
  2. Tim dark chocolate, margarine/butter dan garam sampai meleleh. Aduk rata. Angkat, biarkan dingin selama sekitar 5 menit.
  3. Kocok telur, kuning telur dan gula sampai mengembang dan berjejak. Tambahkan tepung perlahan-lahan sambil diaduk sampai rata.
  4. Masukkan coklat leleh dalam tiga tahap sambil diaduk rata.
  5. Tuang hampir penuh ke dalam cetakan. Simpan di kulkas minimal 20 menit.
  6. Panaskan oven 200 C. Masukkan kue ke dalam oven dan panggang sekitar 9 -10 menit sampai permukaannya muncul crust dan pinggirnya sudah mulai terlepas dari cetakan. (kalo pake oven listrik gw, pake suhu 180 C dan 8 menit. itupun setelah bikin kue ke-3 kalinya, baru dapet rumusnya)
  7. Angkat. Biarkan 1 menit sebelum ditransfer ke piring saji.
  8. Tuang kue ke atas tangan perlahan lalu pindahkan ke piring saji. (gw pake cetakan individual dari aluminium)
  9. Sajikan segera dengan saus karamel atau es krim /whip krim.(ice cream is highly recommended)
PS : adonan bisa disimpan di freezer sampai 1 bulan, kalo mau dipanggang, diovennya ditambahin 3-5 menit lagi. rasanya juga lebih enyaaaak,,,,,

PS 2 : fotonya kaga adaaaa,,,, abis biasanya langsung dimakan sih,,,,pake es krim, hihihihi,,,, liat di blognya mba Hesti aja yah,,,, pokoknya rasanya enak bangeeeet,,,

No comments: