Friday, February 24, 2012

TOEFL IBT (2)

Akhirnya keluar juga score TOEFL IBT gw
Jadi,,, scorenya adalah 92 (computer based) yang setara dengan 580 - 583 (paper based)
Hmmm turun sih dari skor sebelumnya yang 600, dan masi di bawah target
Tapi overall I'm happy,,,, Alhamdulillah,,,
Dengan biaya mahal yang harus gw bayar, skor 92 itu udah oke, dan masa berlaku 2 tahun
Coz udah bisa dipakai untuk apply ke universitas di Australia, Eropa dan US
Tapi kalau mau apply ke Top 30 Universitas di  US, rata-rata request skor di atas 100 (atau 600 untuk paper based)
Pengen naikin skor lagi, tapi harus belajar dulu kali yaaaa,,,,
Yang intensif dan ga SKS

Dari skor 92 itu, nilai paling bagus di Reading dan Listening, kategori High
Maksudnya gw dianggap bisa memahami bacaan dan text book, memahami conversation dan pelajaran yang disampaikan secara verbal juga
Sedangkan untuk Speaking dan Writing, gw masuk kategori Fair atau Sedang-sedang saja, hahahaha
Kekurangannya adalah gw belum bisa menyampaikan ide pokok dalam tulisan atau pembicaraan, terdapat kesalahan grammar dan pronouncation yang menyebabkan orang kesulitan memahami apa yang gw maksud.
Intinya gw masih termasuk penguna bahasa inggris pasif, blom aktif.
Well, ini harus diperbaiki,,, in 2 months or so,,,
Semoga berhasil, amiin,,, ;)

No comments: